Header Banner Ads

header ads

Es Buah Trabasan Malang, Buahnya Lengkap dengan Harga Ekonomis

OLEHKHASMALANG – Bagi penggemar minuman es buah di Malang, yang satu ini patut dicoba. Meski tidak terkenal dan punya kedai yang mentereng, tetapi es buah satu ini rasa dan ragam buahnya tak kalah dengan restoran. Harganya pun merakyat banget. Pada Juli 2018, harganya masih Rp 3.500 per porsi.

Namanya, depot es buah Trabasan. Lokasinya di Jalan Raya Ki Ageng Gribig Kedungkandang Kota Malang. Letaknya dekat dengan pintu masuk menuju makam Ki Ageng Gribig.
depot es trabasan kota malang
Es buah Trabasan, Jalan Ki Ageng Gribig Kota Malang (Foto: olehkhasmalang.com)
Makam ini cukup terkenal. Setiap pemilik rumah atau toko sepanjang jalan Ki Ageng Gribig tahu letak lokasi makam tepi jalan itu. Maklum, Ki Ageng Gribig dikenal sebagai penyebar agama Islam di Malang dan sekitarnya, kira-kira tahun 1.500-an masehi.

Kembali pada es buah, ragam irisan buah yang dimasukkan cukup lengkap. Ada nanas, melon, semangka kuning dan buah pir. Lalu ada pepaya, belewah, kolang kaling dan tomat. Irisan tomat ini boleh disebut sebagai ciri khas es buah Trabasan ini. Karena hampir jarang ada irisan tomat dalam es buah di kedai lain.

Untuk jenis es yang ditambahkan adalah es serut. Es model ini cepat mencair dan larut. Sehingga ketika menikmati es buah ini, tidak sampai terlalu dingin. Biasanya es yang terlalu dingin akan membuat kurang sedap untuk dinikmati.

Gula yang ditambahkan adalah gula asli yang dicairkan dan diberi pewarna makanan. Rasa manisnya pas dan tidak membuat sakit (serik) di tenggorokan.

Bagi yang ingin porsi jumbo dengan lebih banyak irisan buah, tinggal minta saja ke penjualnya. Toh harganya irit banget.

Selain es buah, kedai es Trabasan ini juga menjual es campur, es soda dan es jeruk. Permintaan apapun jenis es yang diinginkan pembeli-es custom..hehehe-, sepanjang bahannya tersedia, akan dilayani.

Bagi yang jalan-jalan ke arah Malang timur, atau pulang dari Bromo, atau sedang berkeliaran di sekitar Sawojajar, bisa mencoba es Trabasan ini. Oya, kedai es ini buka pukul 10.00.

Yang terpenting dan harus diingat, pembeli harus ekstra sabar. Sebab menjelang tengah hari, biasanya antreannya panjang. Bagaimana?