Header Banner Ads

header ads

Ini Lokasi Asyik Melihat Deretan Gunung di Malang


OLEHKHASMALANG -  Deretan gunung menjadi salah satu ciri menakjubkan pemandangan wilayah Malang Raya. Mengingat wilayah Malang berupa sebuah ceruk yang dikelilingi gunung dan pegunungan. Konon, di masa prasejarah, daerah Malang Raya adalah sebuah danau purba.

Ada empat kelompok gunung yang mengelilingi wilayah Malang Raya. Gunung Kawi – Kelud di sebelah barat, Gunung Arjuna-Anjasmoro-Welirang di sebelah utara, Gunung Semeru-Tengger di sebelah timur dan Pegunungan Kendeng di sebelah selatan. Sesuai teori, disebut gunung karena tingginya di atas 600 meter dari permukaan laut. 
Pemandangan puncak Gunung Semeru (Mahameru) dilihat dari wilayah timur Kota Malang (foto: olehkhasmalang.com)


Ketika pagi hari dan langit cerah, seseorang bisa melihat puncak Semeru (Mahameru). Langit cerah dan tidak tertutup mendung, biasanya terjadi di musim kemarau. Atau kira-kira mulai Mei.

Puncak gunung tertinggi di Jawa itu menjulang gagah. Telihat kepulan asap dari puncak setinggi 3.676 meter dari permukaan laut. Mentari yang masih baru terbit, kira-kira pukul 06.00 hingga 07.00, membuat bayangan Semeru terlihat jelas.

Puncak gunung berapi aktif itu terangkai dengan deretan Gunung Tengger di sebelah utara. Untuk itu sering disebut Gunung Semeru-Tengger.

Dengan menyapukan pandangan mata dari timur ke utara lalu ke barat, terlihat pemandangan  yang tidak ada di tempat lain. Deretan Semeru, Tengger, Arjuna-Anjasmoro, dan Gunung Kawi seperti benteng yang melindungi Malang. Lalu dimana Panderman? Panderman terangkai dengan Gunung Kawi, persis di utara Gunung Kawi.

Dari sapuan pandangan mata itu, hanya di bagian selatan yang terlihat kosong, tidak ada gunung. Tetapi kalau dilihat dari udara, di bagian selatan juga dipagari pegunungan. Namanya pegunungan Kendeng.


Sayangnya, saat ini melihat pemandangan gunung yang mengelilingi Malang tidak bisa dilakukan di sembarang tempat. Sudah banyak bangunan menjulang tinggi menghalangi pemandangan tiada duanya ini.

Tetapi, masalah adalah tantangan. Bila ingin menikmati pemandangan gunung, seseorang harus mencari lokasi yang tepat. Anggap saja berburu lokasi untuk melihat gunung-gunung itu adalah sebuah tantangan.  

Salah satu lokasi yang bisa dipilih adalah di Kota Malang sebelah timur. Lokasinya agak tinggi dan bangunan tinggi masih jarang.

Ini hanya salah satu lokasi lokasi non mainstream yang penulis temukan. Lokasi lain? Silahkan mencarinya sendiri dan tandai koordinatnya di google map. Selamat berburu lokasi asyik untuk melihat deretan gunung yang mengelilingi wilayah Malang. (*)