Header Banner Ads

header ads

J.K. Rowling: Dari Buku ke Amal


Sebuah buku tentang penyihir yang ditulis dan diberi ilustrasi oleh J.K. Rowling bakal terbit untuk amal. The Children High Level Group, yayasan di Inggris yang didirikan antara lain oleh Rowling, kemarin menyebut bisa mengumpulkan sekitar 4 juta pound sterling (US$ 8 juta) dari penjualan buku The Tales of Beedle the Bard. Rowling telah meneken honor royaltinya.
Buku itu satu dari lima koleksi petualangan para penyihir yang merujuk pada kisah Harry Potter. Awalnya sebuah edisi dari tujuh kopi tulisan tangan. Enam telah dibagikan oleh Rowling sebagai hadiah, satu buku sisanya dibeli oleh perusahaan Amazon pada sebuah lelang Desember tahun lalu senilai 2 juta pound sterling.

Rowling menyebut buku ini memasukkan sejumlah ilustrasi dan kata pengantar, cerita-cerita mereka sendiri, serta komentar oleh Albus Dumbledore, kepala sekolah Hogwart's School of Witchcraft and Wizardry, "yang dicantumkan atas izin Hogwart's Headmasters Archive".

Buku itu bakal diterbitkan pada 4 Desember nanti oleh Bloomsbury di Inggris dan Scholastic di Amerika Serikat. Amazon dikabarkan melansir edisi kolektor berbalut kulit yang dibanderol 50 pound sterling.Rowling, yang buku-buku Harry Potter-nya terjual 400 juta lebih dan diterjemahkan ke dalam 64 bahasa, menulis petualangan Beedle setelah menuntaskan Harry Potter and the Deathly Hallows tahun lalu. Dan The Tales of Beedle the Bard digambarkannya sebagai sebuah distilasi tema pada buku-buku Harry Potter dan disebutnya perpisahan dengan dunia
yang digelutinya selama 17 tahun tersebut. (AP/Koran Tempo 020808).